Cetak Auditor Mutu Internal, STIKES Kendal berharap raih peringkat Unggul AIPT

Cetak Auditor Mutu Internal, STIKES Kendal berharap raih peringkat Unggul AIPT

Selasa 17 April 2018 dilaksanakan pembukaan pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI) di gedung C Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal. Pelatihan ini diselenggarakan STIKES Kendal dengan bekerjasama dengan Up-Quality dan didukung oleh Kopertis Wilayah Vi Jawa Tengah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dan tenaga kependidikan di STIKES Kendal dalam melakukan audit mutu. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari, dengan focus pembahasan mekanisme dan proses audit internal perguruan tinggi berdasarkan Permenristek dikti no. 44 tahun 2015 tentang SNPT dan Permenristekdikti no. 62 tahun 2016 tentang SPMI. Dua permen tersebut merupakan acuan bagi pendidikan tinggi dalam melaksanakan penjaminan mutu internal, dan untuk menjamin pelaksanaan dua peraturan tersebut maka perlu dilaksanakan audit mutu internal maupun eksternal. Ketua STIKES Kendal, Kawi, SKM., M.H.Kes mengatakan bahwa sangat penting menjalankan penjaminan mutu diperguruan tinggi untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan. “penjaminan mutu internal itu sangat penting dilaksanakan di tatanan perguruan tinggi untuk menjamin kualitas pelaksanaan manajemen dan tri dharma perguruan tinggi yang kredibel, transparan, dan akuntabel” ungkap Ketua STIKES Kendal.

Koordinator kopertis wilayah VI jawa tengah Prof. DYP Sugiharti, M.Pd. Kons yang semula dijadwalkan untuk membuka acara dan memberikan penguatan terhadap peserta pelatihan, tidak dapat hadir karena tugas mendampingi Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang pada hari yang sama hadir di Semarang. Namun demikian, semangat 28 peserta pelatihan dalam mengikuti kegiatan sangat besar demi meningkatnya kompetensi sebagai auditor. “Saya percaya jika pelatihan ini akan membawa saya menjadi auditor mutu yang baik, berkompeten, dan memiliki integrasi yang tinggi dalam menjalankan tugas sebagai auditor” ungkap salah satu peserta pelatihan. Selama 2 hari para peserta diberikan materi dan praktik melakukan audit sistem penjaminan mutu di pendidikan tinggi oleh fasilitator daru Up-Quality. Peserta diajarkan mulai dari latar belakang pelaksanaan audit, perencanaan, pelaksanaan, perekaman, hingga pelaporan kegiatan audit internal. Selama pelatihan seluruh peserta tampak aktif bertanya dan berdiskusi yang menunjukan keinginan dan tekad yang tinggi untuk menjadi seorang auditor mutu.

Pada hari kedua peserta diminta melakukan simulasi pelaksanaan audit internal di lingkungan STIKES Kendal. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian melaksanakan audit pada program studi, unit pengelola, lembaga penelitian, hingga UPT laboratorium. Dr. FX Bhakti Hendrakusuma, S.Si., MM, Apt selaku salah satu fasilitator dari up-quality mengatakan “para peserta ini tampaknya sangat serius dalam melaksanakan pelatihan, khususnya pada sesi simulasi dimana semua kegiatan dilaksanakan dengan detail dan sesuai dengan panduan yang diajarkan” . Pernyataan tersebut menguatkan betapa para peserta pelatihan memiliki kompetensi yang baik setelah mengikuti sesi-sesi pelatihan AMI. Namun untuk menetapkan mereka menjadi auditor, para peserta ini diwajibkan mengikuti uji profisiensi auditor di akhir pelatihan. Hasil uji profisiensi akan dinilai dan akan diberitahukan kepada peserta setelah satu minggu. Jika peserta berhasil lulus dalam uji tersebut maka peserta akan diberikan sertifikat auditor, dan mereka akan memiliki kewenangan untuk melaksanakan audit di STIKES Kendal dan seluruh intitusi lain yang membutuhkan jasa auditor. Maka dari itu, nantinya bagi pendidikan tinggi lain yang ingin melaksanakan audit mutu internal dapat menggunakan jasa auditor dari STIKES Kendal yang telah tersertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *