INSPIRING ALUMNI : BERBANGGALAH MENJADI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT

Dipublikasikan oleh Ratna Muliawati, M.Kes (Epid) pada

Kenalan dengan alumni yuk! Namanya Endang Zaeni Ariyanti, S.KM., alumni Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Kendal angkatan 2010. Saat ini menjadi salah satu tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Kabupaten Lebong, Bengkulu.

Permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat sangatlah kompleks, terutama di daerah terpencil dan perbatasan. Hal inilah yang memotivasi anak kedua dari 4 bersaudara ini untuk mengabdikan diri melalui program Nusantara Sehat, salah satu program andalan Kementerian Kesehatan  Republik Indonesia  dalam bidang kesehatan.

Perempuan cantik yang sebelumnya pernah bekerja di RS Sari Asih Ciputat, Tangerang ini memilih mengikuti Nusantara Sehat untuk mengabdikan diri di desa-desa terpencil maupun perbatasan, serta memberikan pelayanan kesehatan maupun penyuluhan dan menggiatkan program-program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sehat. “Melalui Nusantara Sehat, saya bisa bertatap langsung dengan masyarakat secara luas dan mengaplikasikan ilmu sesuai basic pendidikan saya sebagai tenaga kesehatan masyarakat. Inilah saatnya saya untuk berkontribusi lebih dalam pelayanan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif,” ungkapnya saat ditanya motivasi mengikuti Nusantara Sehat.

Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat?

Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat baginya merupakan sebuah simbol yang memiliki tanggung jawab besar untuk berperan dalam upaya kesehatan masyarakat dimanapun berada. “Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) itu fleksibel dapat masuk kemana saja baik Puskesmas, rumah sakit, perusahaan, asuransi, penelitian ataupun yang lainnya. Banyak orang yang belum paham tentang kesehatan masyarakat, mereka lebih mengenal dokter, perawat, apoteker, bidan tetapi bingung lulusan kesehatan kerjanya apa. Sebenernya justru ruang lingkup pekerjaan S.KM. itu lebih luas dibanding profesi kesehatan lainnya. Seorang S.KM. bisa bekerja dimana saja mereka bisa berperan dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, tidak hanya sebatas sektor kesehatan saja. Jadi berbanggalah menjadi seorang S.KM,” ungkap anak  dari … bersaudara ini.

Pengalaman Paling Berkesan Saat Kuliah di STIKES Kendal?

“Pengalaman saya yang paling berkesan saat kuliah di STIKES Kendal adalah saat mengikuti Praktik Belajar Lapangan (PBL), saya bisa belajar mengaplikasikan teori yang dipelajari di kampus pada masyarakat secara langsung. Dalam PBL tersebut, saya mulai merasakan bahwa seperti inilah sesungguhnya tugas dari seorang ahli kesehatan masyarakat. Tentunya, semua ini berkat bimbingan dan dukungan dari bapak/ibu dosen yang sangat luar biasa dalam mendidik kami.”

Beliau berpesan untuk adik-adik yang masih kuliah di STIKES Kendal khusus program studi Kesehatan Masyarakat untuk belajar dengan sungguh-sungguh, baik dalam hal akademik ataupun pengembangan keterampilan lainnya. “Kelak bekerjalah dengan segala kemampuan yang kamu miliki secara baik dan benar. Namun, ingatlah bahwa kesuksesan itu bukan seberapa banyak kamu memiliki harta benda tetapi seberapa tinggi nilai gunamu di masyarakat.”

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *