Pelatihan Kader Kesehatan Kelurahan Banyutowo

Pelatihan Kader Kesehatan Kelurahan Banyutowo

Sebagai pendidikan tinggi yang berkewajiban melaksanakan Tridharma, STIKES Kendal secara berkelanjutan melaksanakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, Tridharma tersebut dilaksanakan dalam rangka mencapai VISI STIKES Kendal yaitu menjadi pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dan rujukan serta mampu bersaing dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas. Pimpinan STIKES Kendal dan seluruh dosen telah berkomitmen dalam mencapai visi dan melaksanakan misinya. Maka dari itu, seluruh kegiatan akademik maupun non-akademik yang diselenggarakan oleh civitas akademik akan mengacu pada pencapaian visi dan misi STIKES Kendal. Hingga pertengahan tahun 2018, banyak program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang telah dilaksanakan oleh civitas akademi STIKES Kendal, salah satunya adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan Kader Kesehatan di Kelurahan Banyutowo Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal. kegiatan PkM ini dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Agustus 2018 melalui program praktik stases keperawatan komunitas Prodi Ners STIKES Kendal.

Kelurahan Banyutowo ditetapkan sebagai salah satu desa binaan STIKES Kendal oleh Baperlitbang Kabupaten Kendal sejak bulan April 2018. Maka dari itu STIKES Kendal berkeinginan mewujudkan program-program peningkatan atau promosi kesehatan di kelurahan tersebut secara komprehensif, yang bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan dan memandirikan masyarakat dalam memelihara kesehatan perorangan, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan surveilan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilanjutkan dengan melaksanakan community meeting bersama warga dan tokoh masyarakat serta pengambil kebijakan, untuk merencanakan kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat. Salah satu hasil kesepakatan dari community meeting tersebut adalah revitalisasi kader kesehatan dengan pembentukan, pelatihan, dan pendampingan kader kesehatan.

Pada hari Minggu tanggal 8 Juli 2018 dilaksanakan pelatihan kader kesehatan desa di kelurahan Banyutowo Kabupaten Kendal yang diikuti oleh 45 kader Kesehatan dari kelurahan Banyutowo. Materi pelatihan yang diberikan diantaranya peran dan fungsi kader, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, kesehatan remaja, kesehatan lansia, dan kesiapan bencana. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para kader kesehatan dapat memahami perannya dalam peningkatan status kesehatan lingkungan dan masyarakat. Selain itu, para kader juga diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader seperti melaksanakan surveilan, posyandu, serta peran dan tugas kader lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi, hampir seluruh kader menyatakan sangat puas terhadap kegiatan ini, dan sisanya merasa cukup puas. Mereka merasa banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang mereka dapatkan dari kegiatan ini. Peserta pelatihan berharap kegiatan penyegaran kader kesehatan seperti ini dapat dilaksanakan secara periodik dan berkelanjutan agar semangat dan motivasi kader tetap terjaga, sehingga lebih optimal dalam menjalankan perannya. Hal tersebut menjadi tantangan STIKES Kendal untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi lebih sehat dan sejahtera, khususnya di Kabupaten Kendal.

 

Kegiatan pelatihan Kader Kesehatan ini dikelola oleh Prodi Ners pada stase Keperawatan Komunitas. Mahasiswa Ners dalam supervisi dosen pembimbing mengatur pelaksanaan pelatihan dengan memperhatikan instruksi dari para pembimbing. Dengan Kompetensi  Kognitif dan keterampilan yang baik, para mahasiswa Ners STIKES Kendal mampu menyelenggarakan pelatihan yang sangat sukses. Hal ini menunjukan bahwa kompetensi mahasiswa Ners STIKES Kendal tidak diragukan lagi. Mereka yang telah menyelesaikan program akademik dan meraih gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) benar-benar telah menginternalisasi konsep teori dalam proses pembelajarn, yang saat ini mereka aplikasikan dalam tahap profesi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *