Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas ridlonya STIKES KENDAL telah memasuki tahun ke-delapan untuk kegiatan proses belajar mengajar bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.

Sesuai dengan visi dan misinya untuk berpartisipasi dalam pembangunan Nasional khususnya bidang kesehatan, yang diaplikasikan dalam menyiapkan sumber daya kesehatan yang handal dan berkualitas melalui pendidikan, pada tahun ke-delapan ini STIKES KENDAL mengembangkan diri dengan membuka Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Pendidikan Profesi Ners, Program Studi Kesehatan Masyarakat, dan Program Studi Farmasi (D3). Sehingga STIKES KENDAL pada tahun ini memiliki 4 (empat) Program Studi.

Dengan adanya kerjasama semua pihak, revisi buku panduan penyelenggaraan pendidikan telah dapat diselesaikan. Untuk selanjutnya setiap tahun buku panduan tersebut akan dievaluasi dan direvisi disesuaikan dengan kebutuhan, tujuan pendidikan dan kurikulum yang terkait serta visi dan misi pendidikan STIKES KENDAL.

Buku panduan ini belum memberikan gambaran secara keseluruhan tentang proses penyelenggaraan pendidikan di STIKES KENDAL. Buku ini baru memuat secara garis besar tentang sistem pembelajaran, peraturan penyelenggaraan pendidikan dengan mengacu Kurikulum, Surat Keputusan dan Buku-buku rujukan yang terkait tentang penyelenggaraan pendidikan sarjana Keperawatan, Profesi Ners, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Kesehatan.

Dengan diterbitkanya buku ini diharapkan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan termasuk mahasiswa STIKES KENDAL dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan semua ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan STIKES KENDAL.

Berdasarkan hal tersebut demi penyempurnaan pada penerbitan buku panduan pada periode berikutnya, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku panduan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan dan ridloNya.

Kendal, Agustus 2012

Ketua Sekolah Tinggi