Dengan adanya pergeseran pandangan penyelesaian masalah kesehatan dari upaya kuratif dan rehabilitatif ke arah promotif dan preventif, maka peluang pekerjaan untuk lulusan Program Studi Kesehatan (S1) semakin terbuka lebar dan nyata di tengah masyarakat. Sesuai dengan tuntutan kebutuhan, maka kurikulum Program Studi Kesehatan Masyarakat ini memfokuskan pada kemampuan untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat serta mampu mengevaluasi upaya-upaya kesehatan melalui prinsip dan metode kesehatan, hasil penelitian dan ketrampilan khusus bidang kesehatan.

Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES) Kendal, dari sejak awal berdiri tahun 2003 dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal diprakarsai oleh para ahli kesehatan masyarakat di wilayah Kendal bertekad untuk menjunjung tinggi integritas. Integritas tersebut diwujudkan dalam kejujuran dan keterbukaan, terutama kepada calon mahasiswa atau peserta didik. Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES) berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 76/D/O/2004.

Berbagai profesi yang menjanjikan dapat diraih oleh lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat yaitu sebagai manager di lembaga kesehatan dan perusahaan-perusahaan, lembaga pendidikan, peneliti, bagian statistik, gizi, kesehatan dan keselamatan kerja, lembaga swadaya masyarakat, dan lain-lain.

Untuk mengentisipasi persaingan di lapangan kerja dan kemajuan teknologi maka semua lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat di bekali dengan kompetensi di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, dan kompetensi kesehatan ibu dan anak, serta di bekali dengan keahlian khusus bahasa inggris, kewirausahaan dan pemasaran sosial, aplikasi komputer statistik, penulisan karya ilmiah, disamping kuliah-kuliah umum oleh praktisi-praktisi berpengalaman di Indonesia

Visi Misi

       Visi

Visi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kendal adalah menjadikan Program Studi Kesehatan Masyarakat unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat, yang mampu memberikan sumbangan optimal dalam upaya menyehatkan masyarakat Indonesia dengan semangat profesionalisme, dedikasi, dan pelayanan yang dilandasi moral dan IPTEK.

       Misi

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, maka misi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kendal adalah:

  1. Menciptakan atmosfir kampus sehingga mewarnai gerak langkah civitas akademika.

  2. Menyelenggarakan program-program akademik di lingkungan Program Studi yang berkualitas dan baku secara nasional dan internasional.

  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas staff dan dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat guna menunjang peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja Program Studi.