Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL), dari sejak awal berdiri tahun 2003 dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal diprakarsai oleh para perawat yang berada di Kabupaten Kendal, berupaya untuk menjadi Pendidikan Ners yang menjunjung tinggi integritas. Integritas tersebut diwujudkan dalam kejujuran dan keterbukaan, terutama kepada calon mahasiswa atau peserta didik.

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES) berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 76/D/O/2004, tanggal 15 Juni 2004 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana Keperawatan, dilanjutkan dengan ijin perpanjangan Penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana Keperawatan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3176/D/T/2006 tanggal 29 Agustus 2006.
Program studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL) adalah Pendidikan Ners yang merupakan salah satu program studi dari 3 (tiga) program studi yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL) dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal, beralamat di Jl. Laut No. 21 A Kendal Kode Pos 51311 telepon (0294) 381343 Fax (0294) 381343, website: www.stikeskendal.ac.id, e-mail: info@stikeskendal.ac.id atau stikes_kendal@yahoo.com. Lokasi PSIK STIKES Kendal cukup strategis dan menguntungkan karena berada di pusat kota Kendal.

PSIK STIKES KENDAL adalah Pendidikan Ners (S1) yang pertama kali berdiri di Kabupaten Kendal dan di wilayah propinsi Jawa Tengah bagian barat (Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara), sehingga cukup strategis dan berpeluang untuk mengembangkan Pendidikan Tinggi Keperawatan.
Dalam rangka pengembangan dan pembinaan institusi serta untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal telah berpartisipasi menjadi anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) sejak tanggal 27 Juni 2005 dengan nomer anggota 035/AIPNI/2005.

Tahun 2008 terbit ijin penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Ners dari Mendiknas RI. Tahun 2009 PSIK STIKES Kendal telah terakreditasi BAN-PT (Akreditasi C) berdasarkan SK Ketua BAN-PT Nomor: 013/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009.

Visi & Misi

 Visi
– Menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan sebagai pusat pengembangan ilmu keperawatan dan profesi keperawatan, serta mampu menghasilkan Ners dan ilmuwan keperawatan yang tanggap dan adaptif, mampu meningkatkan pelayanan keperawatan profesional di tingkat nasional dan siap menghadapi tantangan global.

Misi
– Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dikelola secara profesional, efektif, efisien, memegang tinggi budaya akademis dan nilai-nilai ilmiah, serta menghasilkan lulusan berkualitas tinggi sebagai ilmuwan atau praktisi yang beretika, humanis, berpedoman teguh pada hukum, dan mampu berkompetisi ditingkat global.
– Melaksanakan dan mengembangkan penelitian keperawatan untuk berkontribusi dalam pengembangkan ilmu pengetehuan dan teknologi keperawatan.
– Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan praktik keperawatan profesional dikomunitas.
– Meningkatkan kompetensi dan keilmuan staf edukatif dan non edukatif secara berkesinambungan.
– Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan.
– Menjalin dan meningkatkan kerjasama secara nasional maupun regional dalam bidang keperawatan yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.