Workshop & Studi Banding P3M Akper Kesdam IV/Diponegoro ke STIKES Kendal

LPPM (Lembaga Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat) STIKES Kendal melaksanakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan Manajemen Referensi Berbasis Mendeley yang bekerja sama dengan P3M Akper Kesdam IV/Diponegoro Semarang pada hari Jumat 6 Februari 2020. Livana PH, S.Kep., Ns, M.Kep., Sp.Kep J dan Nanang Khosim, S.Kep., Ns., M.Kep menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Ibu Livana merupakan dosen Program Studi S1 Keperawatan STIKES Kendal yang juga merupakan Ketua LPPM menyampaikan materi tentang penulisan artikel ilmiah nasional, sedangkan pak Nanang yang merupakan Dosen keperawatan Akper Kesdam IV/Diponegoro membawakan materi tentang manajemen referensi berbasis Mendeley. Workshop tersebut dihadiri oleh civitas akademik dari Akper Kesdam dan STIKES Kendal. Sebagian besar peserta adalah mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Kegiatan workshop seerti ini sangat penting bagi civitas akademik. Kemampuan dalam membuat artikel ilmiah nasional sangat diperlukan untuk dapat menyampaikan hasil karya atau tulisannya agar dapat diketahui masyarakat luas. Dalam penyusunan artikel ilmiah, kutipan dari berbagai sumber pasti digunakan untuk mendukung ide maupun teori yang dituliskan. Hal ini membutuhkan ketepatan dalam menggunakan sitasi untuk menghindari isu plagiat. Dengan pengetahuan tentang manajemen referensi, maka penulis artikel dapat dengan mudah membuat inventori sitasi. Salah satu manajemen referensi yang paling banyak digunakan penulis artikel ilmiah adalah mendeley, yang materinya diterangkan secara baik dan mengena oleh narasumber dalam workshop ini.

Selain Workshop, P3M Akper Kesdam juga melakukan Benchmarking dengan LPPM STIKES Kendal. Dalam kegiatan tersebut, kedua lembaga saling bertukar informasi dan pengetahuan seputar penanganan jurnal elektronik dan pengelolaan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “kegiatan seperti ini sangat penting untuk peningkatan kapasitas dan kualitas dalam pengeloaan penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta jurnal ilmiah”, ujar bapak Ketua STIKES Kendal, Kawi, S.KM., M.H.Kes. Kedepan kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai dengan tantangan dan kebutuhan dimasa depan. seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan pemberian cidera mata dari Ketua P3M Akper Kesdam IV/Diponegoro, Ibu Margiyati, S.Kep., Ns., M.Kep Kepada Ketua STIKES Kendal.