Profil STIKES Kendal

1. Visi STIKES Kendal

Menjadi pusat Perguruan Tinggi unggulan di bidang kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan mampu berkompetisi di era global dalam berkarya dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang kesehatan serta membantu mewujudkan peningkatan derajat kesehatan yagn optimal.

2. Misi STIKES Kendal

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan secara efektif dan efisien yang berdaya saing dan bermutu yang berorientasi pada kebutuhan pasar dan dunia kerja.

  2. Menyelenggarakan dan memelopori kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan penerapan teknologi yang berwawasan kesehatan.

  3. Menjalin dan meningkatkan kerjasama secara nasional maupun internasional di bidang kesehatan meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

3. Tujuan Pendidikan STIKES Kendal

  1. A. Tujuan Umum Pendidikan

Tujuan program pendidikan pada STIKES Kendal sebagai bagian dari pendidikan ilmu-ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam arti luas adalah menghasilkan ilmuwan yang berkualitas dan :

  1. Membentuk manusia susila yang cakap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mempunyai kesadaran bertanggungjawab terhadap kesadaran masyarakat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

  2. Mengembangkan dan memadukan ilmu pengetahuan.

  3. Membangun, memelihara, mengembangkan hidup kemasyarakatan dan kebudayaan.

       B. Tujuan Khusus Pendidikan STIKES Kendal

Berdasarkan tujuan umum yang dikemukakan di atas, maka tujuan khusus program pendidikan, STIKES adalah

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Meningkatkan angka efisiensi edukatif setiap program studi.

  2. Meningkatkan kemampuan lulusan.

  3. Menurunkan angka putus sekolah (drop out) pada setiap program studi.

  4. Menurunkan lama program studi tiap program studi.

  5. Meningkatkan kualitas seleksi calon mahasiswa.

  6. Pengembangan kurikulum, disesuaikan dengan kurnas (kurikulum inti) dan kurlok (kurikulum lokal).

  7. Pemantapan proses belajar mengajar dan sistem evaluasi.

  1. Bidang Penelitian

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.

  2. Meningkatkan kualitas tenaga edukatif.

  3. Meningkatkan jangkauan/lingkup edukatif.

  4. Penyempurnaan kelembagaan sesuai ketentuan yang berlaku.

  5. Pengembangan asistensi penelitian.

  6. Peningkatan manfaat penelitian.

  1. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Jumlah proyek pengabdian masyarakat yang semakin meningkat dengan melibatkan semakin banyak mahasiswa dan dosen.

  2. Jangkauan dan layanan masyarakat yang semakin luas.

  3. Mutu pengabdian masyarakat yang semakin baik.

  4. Penyempurnaan kelembagaan sesuai ketentuan yang ada.

  5. Jumlah pengabdian masyarakat yang heterogen.

  6. Peningkatan koordinasi program studi.

  7. Efisiensi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata/Kuliah Kerja Praktik.

  8. Pemantapan pelayanan pengabdian kepada masyarakat.

  1. Bidang Kemahasiswaa dan Alumni

  1. Pembinaan kegiatan kemahasiswaan meliputi peningkatan profesional mahasiswa, penyaluran minat, dan bakat mahasiswa.

  2. Pembinaan kesejahteraan mahasiswa, meliputi peningkatan pelayanan kebutuhan dasar mahasiswa, pelayanan pengembangan pribadi mahasiswa.

  3. Pembinaan hubungan dengan alumni, meliputi peningkatan pelayanan dan kerja sama dengan alumni, peningkatan hubungan timbal balik, dan peningkatan peran serta alumni terhadap lembaga.

  4. Bidang kerjasama, meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga, instansi-instansi, yang terkait untuk memperluas cakrawala lembaga.