Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat

Visi & Misi Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat

A. Visi

Visi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Kendal adalah Pada Tahun 2020 mewujudkan Program Studi Kesehatan Masyarakat unggulan dan rujukan dalam rangka menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri, dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

B. Misi

Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, maka misi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Kendal adalah:

1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kesehatan masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri dan berahlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

2) Menyelenggarakan penelitian di bidang kesehatan masyarakat dalam rangka mendukung tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri dan berahlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat dalam rangka mendukung tenaga kesehatan masyarakat yang profesional, mandiri dan berahlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

4) Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pembuat kebijakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan

 Program studi kesehatan masyarakat memiliki tujuan yang dibagi menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang, dijelaskan sebagai berikut.

 a. Tujuan Jangka Pendek

1) Menghasilkan lulusan/ahli kesehatan masyarakat (S.K.M.) yang profesional, mandiri dan berahlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global,

2) Memiliki staf edukatif dengan kualifikasi akademik magister/master.

3) Terlaksana proses pendidikan dan perkuliahan yang memegang tinggi budaya akademis, dan nilai-nilai ilmiah.

4) Terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, dan di komunitas/lapangan.

5) Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai: kampus yang representatif, laboratorium dasar kesehatan masyarakat, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium audio visual dan internet.

6) Bekerja sama dengan organisasi profesi mampu mengembangkan profesi kesehatan masyarakat sesuai dengan kultur masyarakat.

7) Mengembangkan budaya penelitian di kalangan dosen sesuai dengan bidang kesehatan masyarakat

8) Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial berdasarkan hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah aktual di masyarakat

9) Meningkatkan kerjasama dengan lembaga atau instansi lain yang terkait dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

b. Tujuan Jangka Panjang

1) Menjadi pusat pendidikan dan penelitian bidang kesehatan masyarakat di Kabupaten Kendal.

Struktur Organisasi Program Studi

a. Ketua Program Studi : Siti Musyarofah, S.K.M., M.Kes. (Epid)

b. Sekretaris Program Studi : Mushidah, S.SiT.,M.Biomed

c. Dosen Tetap:

1) Siti Musyarofah, S.K.M., M.Kes.( Epid) 13

2) Mushidah, S.SiT., M.Biomed.

3) Cahyo Suraji, S.K.M., M.Kes.

4) Ratna Muliawati, S.K.M., M.Kes.( Epid)

5) Ainul Maghfiroh, S.Tr.Keb.,M.KM

d. Dosen Tidak Tetap :

1) dr. Baju Widjasena, M.Erg.

2) Bina Kurniawan, S.K.M., M.Kes.

3) dr. Rochmiati, M.KM

4) Casaeri.S,KM, M.Kes.

5) Agustina Ayu Wulandari, S.KM., M.Kes

6) Dr. Dr.Budi Laksono,MHSc.