Program Studi D3 Farmasi

Prodi Farmasi (DIII)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES Kendal) di tahun 2011 membuka dan menyelenggarakan program studi baru yaitu Program Studi Farmasi (DIII) berdasarkan Surat Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor: 117/E/O/2011 tanggal 20 Mei 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi Farmasi (DIII) pada STIKES Kendal di Kendal. Program studi ini diselenggarakan guna melengkapi program studi yang sudah ada dan dilandasi pemikiran bahwa secara faktual ternyata masih sangat dibutuhkan tenaga ahli yang mempunyai kompetensi di bidang penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, khususnya di bidang kesehatan, lebih khusus lagi di bidang keahlian kefarmasian.

Tenaga ahli tersebut, hanya dapat diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Studi Farmasi (DIII), karena harus ada dukungan sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya yang mempunyai kompetensi ahli sesuai dengan bidangnya.

Program Studi Farmasi (DIII) STIKES Kendal adalah pendidikan Diploma yang merupakan salah satu program studi dari 5 (lima) program studi yang diselenggarakan oleh STIKES Kendal dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal, yang beralamat di Jl. Laut No. 31 Kendal Kode Pos 5311, Telp.  (0294) 381343, 384038 Fax. (0294) 381843, website: www.stikeskendal.ac.id, email: info@stikeskendal.ac.id atau stikes_kendal@yahoo.com.

Program Studi Farmasi (DIII) STIKES Kendal merupakan program studi yang bertujuan mempersiapkan tenaga-tenaga terampil yang mampu melaksanakan proses produksi, distribusi, pengelolaan sediaan farmasi dan penelitian di bidang farmasi serta pelayanan, penyuluhan dan sumber informasi kesehatan baik di apotek, rumah sakit, puskesmas, pedagang besar farmasi dan pusat kesehatan lainnya.

  1. Visi

Menjadi Program Studi Farmasi (DIII) yang unggul di bidang farmasi komunitas dan  menghasilkan Ahli Madya Farmasi yang handal serta bermartabat di tingkat nasional pada tahun 2025.

2. Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian yang unggul, tepat guna dan berhasil guna.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian aplikatif,  inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan pelayanan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian.
  • Mengembangkan sikap kewirausahaan dan kemandirian di bidang kefarmasian sesuai dengan tuntutan pasar kerja.
  • Mengembangkan jejaring kerjasama dan menjaga nilai etika akademis serta citra institusi.

3. Tujuan

Dalam mencapai misi sebagaimana dirumuskan di atas, maka tujuan pendidikan Program Studi Farmasi (DIII) STIKES Kendal adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya farmasi yang beriman dan bertaqwa, menghayati dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945, memiliki integritas tinggi dan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta kreatif, dinamik dan inovatif.